Kamis, 10 Maret 2016

INDIKATOR SUKSES BUKAN NILAI UN TINGGI TAPI INDEKS INTEGRITAS TINGGI

Jakarta–BSNP Sebanyak sepuluh anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau melakukan kunjungan kerja ke BSNP pada hari Selasa (26/1/16) untuk mendapatkan informasi kebijakan pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2016, terutama UN Berbasis Komputer. Rombongan dipimpin langsung oleh Miswanto Ketua DPRD dan Mardius Ketua Komisi IV. Sementara anggota lainnya adalah Rizal Zam Zami (PKS), Deari Zamora, SH (PKS), Suharto, SH (PPP), Sugeng Riono, SP (Demokrat), Drs. Ahmad Arif Ramli, M.Pdi, Heber Demerius Lubis, SE (PDIP), Marlius, SP.di, Sugianto (PBB). Selain itu turut hadir dalam kunjungan ini adalah tiga dari sekretariat dewan.

Miswanto Ketua DPRD Kabupaten Indragiri Hulu menyampaikan bahwa tujuan kunjungan ini adalah untuk mengetahui kebijakan Ujian Nasional tahun 2016. Melalui kunjungan ini diharapkan pelaksanaan UN di Kabupaten Indragiri Hulu lancar dan sukses.
“Hasil dari kunjungan kerja ini kami berharap bisa berkomunikasi langsung kepada masyarakat sehingga pelaksanaan UN di Indragiri Hulu lancar dan sukses”, ungkap Miswanto seraya memperkenalkan anggota dewan.

Zainal A. Hasibuan Ketua BSNP menyambut positif kunjungan kerja seperti ini sebagai praktik baik antara pihak legistalif dan eksekutif dalam melaksanakan UN.

Selain itu Zainal dalam paparannya menjelaskan tentang ekosistem pendidikan nasional, kebijakan dan teknis pelaksanaan UN tahun 2016. Menurut Zainal isu yang penting dalam pelaksanaan UN bukan angka hasil UN, tetapi apakah hasil UN itu dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan atau tidak.

“Jika kita mendapat nilai 9 atau 10, tetapi nilai itu dicapai dengan tidak kejujuran, maka nilai tersebut adalah nilai semua sehingga, pada saat penerimaan siswa baru, kita lebih mengutamakan indeks integritas tinggi dari pada nilai tinggi. Sebab lebih mudah menangani siswa yang memiliki nilai rendah daripada mengangani siswa dengan integritas rendah”, ucap Ucok panggilan akrab Zainal A. Hasibuan seraya menambahkan salah satu strategi meningkatkan indeks integritas adalah dengan menerapkan UNBK.

Terkait dengan satuan pendidikan pelaksana UNBK tahun 2016, Ucok menjelaskan sampai saat ini ada 777 SMP/MTs, 1.288 SMA/MA, dan 2.094 SMK yang akan melaksanakan UNBK. Diharapkan jumlah ini akan meningkat pada tahun-tahun berikutnya.

UNBK, tambah Ucok, tidak boleh dijadikan alasan untuk pengadaan komputer secara besar-besaran. Sebab semangat yang dibangun dalam UNBK bukan pengadaan komputer, tetapi peningkatkan integritas dan efisiensi dalam pelaksanaan UN. (BS)




BLUEPRINT OF SCHOOL EXAMINATION
ACADEMIC YEAR: 2014-2015


SUBJECT                               : ENGLISH
NUMBER OF ITEMS           : 50 items
TIME ALLOCATION                        : 120 minutes

NO
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR
MATERI
NO SOAL
JUMLAH SOAL
1.
Reading (Membaca)
Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, report), dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.




































-      menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ informasi tersirat/makna kata/frasa dalam teks berbentuk “caution/notice/warning”

Notice/caution
1
1


-      menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/ informasi tersirat,/informasi tertentu/rujukan kata/ makna kata/frasa dalam teks berbentuk kartu ucapan (greeting card)
Greeting card
2, 3




2


-      menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/informasi tertentu/rujukan kata/makna kata/frasa/kalimat at dalam teks berbentuk undangan (invitation)

Invitation

4, 5
2


-      menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/informasi tertentu/rujukan kata,  makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk pesan pendek (short message)
Short message
6, 7,
2


-      menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/informasi tertentu/ rujukan kata/makna kata/frasa/kalimat atau tujuan komunikatif dalam teks pengumuman (announcement)
Announcement
8, 9, 10,
3


-      menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/informasi tertentu/ rujukan kata/makna kata/frasa/kalimat dalam teks iklan (advertisement)
Advertisement
11, 12, 13
3


-      menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/ informasi tersirat/informasi tertentu/rujukan kata/tujuan komunikatif/makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk surat / E mail ( letter / E mail )
Letter/E-mail
14, 15, 16
3


-      menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/informasi tertentu/ rujukan kata/makna kata/frasa/kalimat atau tujuan komunikatif dalam teks jadwal (schedule)
Schedule
17, 18
2


-      menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/informasi tertentu/rujukan kata/tujuan komunikatif/makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk teks deskriptif (descriptive)

Descriptive text
19 - 22
4


-      menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/ informasi tersirat/informasi tertentu/rujukan kata/ makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk “recount


Recount text
23 - 26

4




-      menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/informasi tertentu/rujukan kata/pesan moral/makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk naratif (narrative)
Narrative
31 - 34
4


-      menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/informasi tertentu/rujukan kata/ /frasa/kalimat dalam teks berbentuk makna kata “procedure

Procedure text
35 - 38
4


-      menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/informasi tertentu/rujukan kata/tujuan komunikatif/makna kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk laporan (report)
                                                                  
Report text
27 – 30,
39 - 42
8
2.
Writing (Menulis)
Mengungkapkan makna secara tertulis teks fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.

-      menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks bentuk descriptive dan narrative  sederhana
Cloze texts
43-45
46-48
6
-      menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat kalimat yang bermakna. ( Recount Text )
Words rearrangement
49
1
-      menentukan susunan kalimat yang tepat untuk membuat paragraf yang padu dan bermakna. ( Procedure Text )
Sentences rearrangement
50
1


Pembuang Hulu, Maret 14 2016
Penyusun,

Asep Herman

0 komentar:

Posting Komentar

PENERIMAAN SISWA BARU

Yayasan Pendidikan Dan Sosial Pondok Pesantren Menerima Pendaftaran Siswa Baru Mulai Pertengahan Mei 2016, Untuk Tahun Ajaran 2016-2017 Jenjang Pendidikan : SMP Berbasis Pesantren Hidayatus Saalikin, Madrasah Aliyah Juga Umum ( SMK-SMA) Dengan ketentuan mentaati dan patuh pada tata tertib Pondok Pesantren...... BACA SELENGKAPNYA