Jakarta–BSNP Sebanyak
sepuluh anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau
melakukan kunjungan kerja ke BSNP pada hari Selasa (26/1/16) untuk
mendapatkan informasi kebijakan pelaksanaan Ujian Nasional tahun 2016,
terutama UN Berbasis Komputer. Rombongan dipimpin langsung oleh Miswanto
Ketua DPRD dan Mardius Ketua Komisi IV. Sementara anggota lainnya
adalah Rizal Zam Zami (PKS), Deari Zamora, SH (PKS), Suharto, SH (PPP),
Sugeng Riono, SP (Demokrat), Drs. Ahmad Arif Ramli, M.Pdi, Heber
Demerius Lubis, SE (PDIP), Marlius, SP.di, Sugianto (PBB). Selain itu
turut hadir dalam kunjungan ini adalah tiga dari sekretariat dewan.
Miswanto Ketua DPRD Kabupaten Indragiri
Hulu menyampaikan bahwa tujuan kunjungan ini adalah untuk mengetahui
kebijakan Ujian Nasional tahun 2016. Melalui kunjungan ini diharapkan
pelaksanaan UN di Kabupaten Indragiri Hulu lancar dan sukses.
“Hasil dari kunjungan kerja ini kami
berharap bisa berkomunikasi langsung kepada masyarakat sehingga
pelaksanaan UN di Indragiri Hulu lancar dan sukses”, ungkap Miswanto
seraya memperkenalkan anggota dewan.
Selain itu Zainal dalam paparannya
menjelaskan tentang ekosistem pendidikan nasional, kebijakan dan teknis
pelaksanaan UN tahun 2016. Menurut Zainal isu yang penting dalam
pelaksanaan UN bukan angka hasil UN, tetapi apakah hasil UN itu dapat
dipercaya dan dipertanggungjawabkan atau tidak.
“Jika kita mendapat nilai 9 atau 10,
tetapi nilai itu dicapai dengan tidak kejujuran, maka nilai tersebut
adalah nilai semua sehingga, pada saat penerimaan siswa baru, kita lebih
mengutamakan indeks integritas tinggi dari pada nilai tinggi. Sebab
lebih mudah menangani siswa yang memiliki nilai rendah daripada
mengangani siswa dengan integritas rendah”, ucap Ucok panggilan akrab
Zainal A. Hasibuan seraya menambahkan salah satu strategi meningkatkan
indeks integritas adalah dengan menerapkan UNBK.
Terkait dengan satuan pendidikan
pelaksana UNBK tahun 2016, Ucok menjelaskan sampai saat ini ada 777
SMP/MTs, 1.288 SMA/MA, dan 2.094 SMK yang akan melaksanakan UNBK.
Diharapkan jumlah ini akan meningkat pada tahun-tahun berikutnya.
UNBK, tambah Ucok, tidak boleh dijadikan
alasan untuk pengadaan komputer secara besar-besaran. Sebab semangat
yang dibangun dalam UNBK bukan pengadaan komputer, tetapi peningkatkan
integritas dan efisiensi dalam pelaksanaan UN. (BS)
BLUEPRINT OF SCHOOL EXAMINATION
ACADEMIC YEAR: 2014-2015
SUBJECT : ENGLISH
NUMBER OF
ITEMS : 50 items
TIME
ALLOCATION : 120
minutes
NO
|
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
|
INDIKATOR
|
MATERI
|
NO SOAL
|
JUMLAH SOAL
|
1.
|
Reading
(Membaca)
Memahami
makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana
berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, report), dan naratif (narrative
dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
-
menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ informasi tersirat/makna kata/frasa
dalam teks berbentuk “caution/notice/warning”
|
Notice/caution
|
1
|
1
|
|
|
-
menentukan gambaran
umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/ informasi tersirat,/informasi tertentu/rujukan kata/ makna
kata/frasa dalam teks berbentuk kartu ucapan (greeting card)
|
Greeting
card
|
2, 3
|
2
|
|
|
-
menentukan gambaran umum/pikiran
utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/informasi tertentu/rujukan
kata/makna kata/frasa/kalimat at dalam teks berbentuk undangan (invitation)
|
Invitation
|
4, 5
|
2
|
|
|
-
menentukan gambaran umum/pikiran
utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/informasi tertentu/rujukan
kata, makna kata/frasa/kalimat dalam
teks berbentuk pesan pendek (short message)
|
Short
message
|
6, 7,
|
2
|
|
|
-
menentukan gambaran
umum/pikiran utama/informasi rinci
tersurat/informasi tersirat/informasi
tertentu/ rujukan kata/makna kata/frasa/kalimat atau tujuan komunikatif dalam teks
pengumuman (announcement)
|
Announcement
|
8, 9, 10,
|
3
|
|
|
-
menentukan gambaran umum/pikiran
utama/informasi rinci tersurat/informasi
tersirat/informasi tertentu/ rujukan kata/makna kata/frasa/kalimat dalam teks iklan (advertisement)
|
Advertisement
|
11, 12, 13
|
3
|
|
|
-
menentukan gambaran
umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/ informasi tersirat/informasi tertentu/rujukan kata/tujuan komunikatif/makna
kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk surat / E mail ( letter / E mail )
|
Letter/E-mail
|
14, 15, 16
|
3
|
|
|
-
menentukan gambaran
umum/pikiran utama/informasi
rinci tersurat/informasi tersirat/informasi
tertentu/ rujukan kata/makna kata/frasa/kalimat atau tujuan
komunikatif dalam
teks jadwal (schedule)
|
Schedule
|
17, 18
|
2
|
|
|
-
menentukan gambaran umum/pikiran
utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/informasi tertentu/rujukan
kata/tujuan komunikatif/makna
kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk teks deskriptif (descriptive)
|
Descriptive
text
|
19 - 22
|
4
|
|
|
-
menentukan gambaran
umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/ informasi tersirat/informasi
tertentu/rujukan kata/ makna
kata/frasa/kalimat dalam teks berbentuk “recount”
|
Recount
text
|
23 - 26
|
4
|
|
|
-
menentukan gambaran
umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/informasi
tertentu/rujukan kata/pesan moral/makna kata/frasa/kalimat dalam teks
berbentuk naratif (narrative)
|
Narrative
|
31 - 34
|
4
|
|
|
-
menentukan gambaran umum/pikiran utama/informasi rinci
tersurat/informasi tersirat/informasi tertentu/rujukan kata/ /frasa/kalimat
dalam teks berbentuk makna kata “procedure”
|
Procedure
text
|
35 - 38
|
4
|
|
|
-
menentukan gambaran
umum/pikiran utama/informasi rinci tersurat/informasi tersirat/informasi
tertentu/rujukan kata/tujuan komunikatif/makna kata/frasa/kalimat dalam teks
berbentuk laporan (report)
|
Report
text
|
27 – 30,
39 - 42
|
8
|
2.
|
Writing
(Menulis)
Mengungkapkan
makna secara tertulis teks fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk
deskriptif (descriptive, procedure,
maupun report) dan naratif (narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
-
menentukan kata yang tepat
untuk melengkapi teks bentuk descriptive dan narrative sederhana
|
Cloze texts
|
43-45
46-48
|
6
|
-
menentukan susunan kata yang
tepat untuk membuat kalimat yang bermakna. ( Recount Text )
|
Words
rearrangement
|
49
|
1
|
||
-
menentukan susunan kalimat yang
tepat untuk membuat paragraf yang padu dan bermakna. ( Procedure
Text )
|
Sentences
rearrangement
|
50
|
1
|
Pembuang Hulu, Maret 14 2016
Penyusun,
Asep Herman
0 komentar:
Posting Komentar